Healthy Ads

Home » , , » Tentang Kanker Serviks

Tentang Kanker Serviks

Written By Catatan Jhoni on Selasa, 31 Oktober 2017 | 21.41

foto : istimewa
Infosehat -Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia. Menurut catatan Badan Kesehatan Dunia (WHO), kanker serviks merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita. 


Kanker serviks disebut juga kanker leher rahim. Kanker ini terjadi ketika ada sel-sel di leher rahim (serviks) yang tidak normal. Sel-sel tersebut terus berkembang tanpa terkendali lagi. Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Leher rahim sendiri adalah organ yang berbentuk seperti tabung silinder. Fungsinya adalah untuk menghubungkan vagina dengan rahim. 

Pada banyak kasus, kanker serviks masih bisa disembuhkan jika ditemui sejak awal. Tes pap smear yang rutin dapat mendeteksi keberadaan kanker serviks secara dini. Selain itu, beberapa metode juga bisa digunakan untuk mengendalikan risiko kanker serviks. Hal itu membantu nenurunkan angka kasus kanker serviks.

Berdasarkan amatan WHO, angka kejadian kanker leher rahim lebih besar di negara-negara berkembang daripada negara-negara maju. Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan RI  mencatat bahkan kanker serviks berada pada urutan kedua berdasarkan jenis kanker yang paling banyak ditemui, setelah kanker payudara

Ada sekitar 40.000 kasus baru kanker serviks yang terjadi pada wanita Indonesia, setiap tahunnya.
Kanker serviks bisa menyerang wanita pada tanpa mengenal batasan usia. Namun, seiring bertambah usia, risiko seorang wanita mengalami kanker jenis ini semakin besar. Namun, kanker serviks bisa ditanggulangi dengan cara mengurangi fator-faktor risiko tertentu. (*)

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentar terbaik anda.. :-)

Komentar

Terpopuler

Iklan Sehat